Selasa, 08 November 2011

BOLKUS : Bahagia dalam Sunyi

Dah lama ummi beli bahan untuk bikin bolu kukus... Namun tak kunjung terlaksana membuatnya. Bukan apa2.. ummi pernah trauma, waktu kuliah dulu, brani-braninya terima pesenan snack box 150 kotak. Ennnn salah satu snack yang ummi buat adalah bolu kukus.. Ternyata, sukses berat, bolkusnya mingkem semua... hik..hik..hik.. nangis bombay dweeh..


Mengusir trauma itu amatlah sulit.. Ummi sampe maju mundur, coba buat, apa engga, coba, engga.. Akhirnya di suatu siang yang damai, dengan mengucap bismillah, ummi coba membuatnya lagi. Kali ini pake resepnya mba Yenni Wijaya

Bolu Kukus Mekar -ANTI GAGAL-

Bahan :
280 gr gula pasir
30 gr emulsifier
2 butir telur
3 sdm munjung terigu segitiga
400 gr terigu segitiga
2 sachet vanili bubuk
450 gr minuman bersoda

Cara Membuat :
Panaskan dandang dengan api sedang.

Kocok gula pasir, emulsifier dan telur selama 1 menit tambahkan 3 sdm terigu, lanjutkan mengocok selama 7-10 menit tergantung kapasitas mikser.
(aku menggunakan mikser miyako standingnya dipakai, mengocoknya selama 9 menit. kalau miksernya dipegang tangan langsung, mungkin waktunya lebih singkat karena gerakannya lebih luwes daripada pakai standing)

Adonan akan terlihat seputih salju dan kental, masukkan air soda sambil diaduk dengan mikser sekitar 30 detik, asal tercampur.
(air soda yang biasa aku pakai sprite atau fanta, bisa juga air putih, susu atau santan, dengan resep ini tidak akan mempengaruhi mekarnya, cuma berbeda tekstur dan rasa)

Tambahkan terigu dan vanili, aduk rata sampai tidak bergerindil.
(sebaiknya terigu dimasukkan sambil diayak supaya mudah tercampur, waktu yang dibutuhkan untuk mengaduk tidak lama, kalau terlalu lama nanti adonan agak mencair dan tidak mekar)

Besarkan api kompor supaya dandang beruap banyak.


Dan... ALHAMDULILLAH.. bolu kukusku mekar semua... Wah excited banget dah.. ampe pengen lompat-lompat rasanya... Setelah ditata di piring, ummi bawa bolkusnya ke ruang keluarga... Pingin berbagi kebahagiaan doooong.. Tapi .. ups .. kok sepi .. o,ya, Maryam n Sulaiman kan lagi pergi ama Aki & Nin, Abi juga lagi kerja... Yahhhh... kebahagiaan yang sudah meluap-luap, jadi surut deh. Akhirnya ummi duduk termangu-mangu sambil manatap bolkus mekar. Menit-demi-menit berlalu... arrgggghhh... ga tahan lagi.. akhirnya ummi nelpon abi, just to share keberhasilanku.. Walah.. umi yang narsis !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar